Lulusan SMA/SMK? Ini Cara Bekerja Di Luar Negeri Untuk lulusan SMA & SMK

Friday, February 22, 2019

Cara Bekerja Di Luar Negeri Untuk lulusan SMA & SMK

Cara bekerja di luar negeri untuk lulusan SMA / SMK - Dengan perkembangan ekonomi dunia yang sangat pesat saat ini, melihat pekerjaan di negara lain bukan lah hal yang mustahil.

Bekerja di luar negeri bukan hanya sekedar akan mengacu pada penghasilan berlipat ganda saja, namun juga akan mendorong karir Anda naik dalam waktu jangka panjang, terlebih kecuali Anda memburu posisi eksekutif.

Banyak organisasi sekarang ini yang mencari peserta dengan pengalaman, wawasan serta cara pandang dunia dengan keahlian yang dapat menolong mereka untuk menambah kekuatan persaingan usahanya.

Baca juga Inilah Jurusan SMK Gaji Besar Yang Paling Banyak Diminati Dan Dicari Dunia Kerja

Cara Kerja Di Luar Negeri


Perlu anda ketahui, bekerja di luar negeri itu dibagi dalam dua sektor, yakni sektor formal dan sektor informal. silahkan simak maksud dari dua sektor tersebut.

1. Sektor Formal


Sektor formal adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan skills khusus di bebarengi dengan disiplin ilmu yang khusus juga, contohnya dokter, insinyur serta programer, dan lain sebagainya.

Biasanya dalam pekerjaan sektor formal seperti itu diisi oleh para lulusan sarjana

2. Sektor Informal


Sektor Informal adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan skills khusus, seperti bekerja di bidang rumah tangga, perburuhan serta supir, dan lain yang lainnya.

Biasanya pada pekerjaan di sektor infromal ini diisi oleh para lulusan SMA dan SMK.

Namun biasanya ada juga yang termasuk lulusan SMA atau SMK yang bekerja di sektor formal, Karena mereka telah memiliki pengalaman luas didalam bidang khusus.

Tentu bisa dikatakan sebagai ahli.

Nah jadi untuk teman akrab yang bukan lulusan S1 namun inginkan bekerja di luar negeri, jangan kuatir saya dapat menambahkan jalurnya.

Informasi Lowongan Pekerjaan di Luar Negeri untuk Lulusan SMA/SMK

Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan di luar negeri, silakan buka disini:
Jalur diatas merupakan sebagian saja, Namun masih banyak lagi jalur-jalur yang belum saya ketahui.

Nah seanjutnya untuk anda yang telah berniat inginkan kerja ke luar negeri, alangkah baiknya dari sekarang ini terlebih dahulu persiapkan syarat-syarat bekerja diluar negeri dengan lengkap, terutama Curiculum Vitae/CV.

Buatlah CV sebagus mungkin dan jangan copas/nyontek CV orang lain, karena itu akan berdampak buruk pada diri anda.

Serta ini yang terpenting buatlah CV yang bagus yang sesuai keahlian anda, dan harus jujur, ini merupakan nilai jual anda terhadap persahaan yang anda tuju.

Tips Melamar Pekerjaan di Luar Negeri


Bisa berbicara dengan menggunakan bhs Inggris, atau terkecuali anda bisa bhs Jepang, Arab, Korea, atau yang lain sebagainya, maka anda harus melamar pekerjaan yang sesuai dengan kafasihan anda di dalam berbahasa.

Update curiculum vitae(CV)
Dalam hal ini maka anda harus memperbanyak pertemanan di jejaring sosial Linkedin, terutama para HRD atau petinggi-petinggi perusahaan yang anda tuju.

Ajak mengobrol dengan cara chating orang berikut di Linkedin, atau kirim mereka email, bicaralah bersama dengan jujur, sopan serta baik, mengenai bahwa kalian sedang membutuhkan pekerjaan, selanjutnya kirimlah CV anda.

Kirimkan lamaran kalian di beraneka web site lowongan pekerjaan online, seperti yang saya tulis diatas, sebagian tersaji yang berasal dari luar negeri.

Jadi bagaimana caranya untuk mendapat pekerjaan di luar negeri?

1. Tentukan Negara Target


Untuk menentukan target negara anda dapat mencari pekerjaan secara online pada website lowongan pekerjaan/tenaga kerja, atau juga dapat melalui sebagian badan pemerintah yang melakukan kerjasama dengan negara kawan dekat seperti Kementerian Tenaga Kerja dan atau Kementerian Luar Negeri atau terlebih kedutaan serta konsulat.

Anda harus mencari peluang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki serta cari lokasi secara rinci baik negara ataupun daerah nya.

Baca juga Contoh Ide Bisnis Sampingan Sekaligus Dapat Menambah Penghasilan lebih

2. Bandingkan Negara Target


Jika Anda sudah memperoleh negara target dan termasuk lowongan pekerjaan yang tersedia, maka anda buatlah perbandingan dengan negara lain.

Sandingkan dua negara tersebut berdampingan, lihatlah kelebihan dan kekurangannya meliputi : gaji bulanan, asuransi kesehatan, akomodasi, transportasi, budaya lokal, kehidupan sosial, dan lain sebagai nya.

3. Pertimbangkan Mengenai Pajak Dan Ketetapan Imigrasi Yang Ada Di Negara Tujuan


Dalam hal ini yakni mengenai dengan kewarganegaraan Anda dan ketetapan hukum yang berlaku baik berasal dari negara asal ataupun negara tujuan.

Untuk lokasi Asia Tenggara sebagian sudah menerapkan bebas visa, tapi untuk yang lain Anda harus mengajukan visa kerja dengan berbagai syarat-syarat yang cukup ketat. Hal ini disebabkan karena sebagian negara punyai standar yang tinggi bagi warga asing yang akan bekerja di negaranya.

Jangan lupa periksa lebih dulu apakah ijin kerja dan visa Anda mencukupi syarat sebelum akan melamar pekerjaan. Apabila tidak maka Anda akan melalui sistem yang sulit yang akan menjadikan Anda frustrasi.

Bahkan sebagian negara memakan waktu panjang menjadi berasal dari 6 sampai 8 bulan untuk sistem pengajuan visa setelah seseorang memperoleh tawaran kerja.

Selain itu sistem dan besaran pajak yang berlaku karena masing-masing negara berbeda-beda. Sangat jelas mengerti dengan mengerti sistem perpajakan di negara target anda.

4. Membangun Jaringan / Menemukan Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja


Kebanyakan seseorang sukses memperoleh suatu pekerjaan disebabkan karena koneksi, seperti membangun koneksi dengan kenalan, teman, teman kerja atau saudara.

Jika Anda menginginkan bekerja di luar negeri, perluaslah jaringan Anda, bangun pertemanan yang baik dengan orang yang memiliki jaringan hingga ke luar negeri.

Jika Anda sulit memiliki jaringan pertemanan yang kecil, maka disajikan alternatif lain yakni melalui sosial media.

Bangunlah personal branding Anda, dan bangun pertemanan secara online dengan kalangan orang yang potensial. Jika hal ini masih termasuk belum mendapatkan hasil, maka Anda harus mencari perusahaan penyalur tenaga kerja dengan jaringan internasional atau yang berada di negara target Anda.

Baca juga Berbagai Macam Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

5. Mengembangkan Keahlian Khusus


Mengembangkan keahlian merupakan salah satu yang terpenting apabila Anda bekerja di luar negeri adalah bahasa negara target anda, jadi tentunya Anda harus menguasai bahasa negara target Anda.

Selain bahasa, tentunya kembangkan keahlian yang diperlukan untuk lapangan pekerjaan yang jadi target Anda. jika diperlukan harus membuat portfolio yang terkait dengan keahlian Anda tersebut.

Penutup


Demikian pembahasan penadewi.com mengenai ini cara untuk bekerja di Luar negeri lulusan SMA & SMK, apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Silahkan bagikan sebanyak-banyaknya apabila anda senang.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Salam semangat dari penadewi.com J